Cari Blog Ini

Idul Adha/ Kurban Bayram 1437 H di Kota Moscow


valery Sharifullin, TASS, https://cdnimg.rg.ru/i/gallery/43b5c722/1_e0e30f6c.jpg


Takbirmu dan Takbirku
Di Malam Hari 11 September 2016, umat Islam di seluruh dunia mengumandangkan Takbir Idul Adha. Berikut ini pengalaman saya mengikuti malam takbiran di Kota Moskow.
Di kota ini, malam takbiran hanya dilaksanakan di Masjid-Masiid dan beberapa taman. Di Masjid prospek Mira sebagai pusat kegiatan Idul Adha, saya berkesempatan mengikuti malam takbiran, ada sedikit suasana berbeda dalam malam takbiran idul fitri dan idul adha.
Hal yang sama adalah selepas sholat isya jamaah harus meninggalkan Masjid. Setelah itu diluar masjid, jamaah sholat memulai malam takbiran dan bias kembali memasuki masjid sekitar Fajar.
Hal yang berbeda misalnya, pada malam takbiran idul fitri dihadiri 2000an jiwa. Muslim Moskow melakukan takbiran idul fitri di dalam tenda khusus yang didirikan di parkir Stadion Olimpik, 100 m dari masjid.
Takbiran yang dilakukan sedikit berbeda dengan budaya Indonesia. Mereka melakukan takbir tanpa tetabuhan dan tanpa komando. Alhasil suara takbiran dari ribuan suara itu terdengar seperti suara lebah yang syahdu.
Malam tadi, Takbiran idul adha hanya dihadiri 500an jiwa. Berbeda dari malam takbiran idul fitri, tidak ada tenda khusus yang didirikan. Alhasil, Muslim Moskow melakukan takbiran di depan masjid, lagi-lagi secara perorangan, takbirmu dan tarkbirku namun kini terdengar menyatu seperti alunan lagu.
Sumber : pribadi

Cara berkurban di Kota Moskow
12 September 2016, umat Islam di seluruh dunia merayakan salah satu perayaan utama - Idul Adha. Di Kota Moskow, Rusia, ratusan ribu jiwa merayakan hal yang sama di  salah satu masjid terbesar di eropa, Masjid Prospek Mira.
Dalam khutbahnya, seorang dewan mufti Rusia menjelaskan bahwa, “Dengan melakukan kurban bayram (idul adha), kita membuktikan ketaatan kita dan sekali lagi mengingatkan dunia bahwa Yang Mahakuasa telah melarang untuk menumpahkan darah manusia.”
Dewan Mufti juga menjelaskan bahwa, dalam masyarakat Rusia, sudah umum bahwa sebuah apartemen komunal merupakan tempat hidup bersama bagi orang Rusia, Muslim dan Yahudi, mereka bersama merayakan hari libur nasional dan keagamaan.
Dewan mufti menambahkan bahwa umat muslim rusia kini hidup dalam masyarakat yang beradab, masyarakat kota, sehingga kita perlu melakukan ritual dengan taat pada petunjuk ketat yang tersedia.
Di Moskow, tidak ada lagi komunitas muslim yang melakukan penjualan dan penyembelihan kurban di tempat umum. Terdapat 14 tempat penyembelihan kurban di Kota Moskow. Muslim Moskow tidak perlu secara pribadi mengambil bagian dalam ritual penyembelihan, mereka dapat memesan dan mengambil hewan kurban dengan menelepon rumah pemotongan hewan kurban.
Sumber : Pribadi dan https://rg.ru/2016/09/11/musulmane-otprazdnuiut-kurban-bajram-12-sentiabria.html 

Grigory Sisoev, RIA Novosti, https://cdnimg.rg.ru/i/gallery/43b5c722/1_a04e1600.jpg



Kota Moskow menyambut idul Adha

Pukul 07.00 waktu Moskow, cuaca berawan dengan suhu sekitar 13C. Saya berjalan menuju masjid untuk Idul Adha, karena jarak asrama mahasiswa HSE Moskow dengan Masjid Prospek Mira ini hanya 2km.

Dari arah statiun metro (kereta bawah tanah) prospek mira sudah berjaga ribuan polisi dengan bersiaga disetiap meternya. Mereka mengarahkan Jamaah Sholat Idul Adha kearah utara untuk memasuki pintu gerbang utama di Jalan Schepkina. Dari gerbang utama ini kemudian jamaah akan memenuhi Jalan Schepkina dan Jalan Durova yang membentuk huruf L, di Jalan Durova inilah terletak Masjid Prospek Mira.

Dalam jadwal, kegiatan Idul Adha akan dilaksanakan pukul 08.00, namun saya hanya bisa menggelar sajadah sejauh 700-800m jauhnya dari Masjid dikarenakan banyaknya jamaah.  

Untuk mendukung keamanan dan kenyamanan kegitan Idul Adha, berdasarkan “Interfax”, lebih dari empat ribu polisi bersiaga memberikan rasa aman selama perayaan Idul Adha, sebagian dari mereka menggunakan Kuda.  
Pada hari ini, pemerintah kota Moskow juga menutup 12 jalan ibu kota sejak pukul 04.00 hingga pukul 11.00. Sholat idul Adha dilaksanakan, di Masjid-masjid kota Moskow serta beberapa Taman seperti Taman Sokolniki dan taman Rechnoi Vokzal.
Sehari sebelumnya, Para Polisi telah berjaga di sekitar Masjid Propek Mira. Terlihat pula para pekerja yang sedang mendirikan pembatas jalan, membersihkan jalan raya, membangun tenda jual-beli serta ruang toilet dan air bersih gratis.
Sumber: Pribadi dan http://www.interfax.ru/Moskow/527700

Pidato Pak Presiden Putin dan Dewan Mufti
Ini tambahan dari Pidato Pak Presiden Putin dan dewan Mufti http://www.interfax-religion.com/?act=dujour&div=227


0 komentar:

Posting Komentar