Cari Blog Ini

Daftar hanya 3 menit, perpustakaan terbesar di Rusia ini menyajikan jutaan buku Bagus!

Daftar hanya 3 menit, perpustakaan terbesar di Rusia ini menyajikan jutaan buku Bagus!

Pada Selasa 12 April 2016, Sebagai Mahasiswa Higher School Of Economics-Moscow saat ini Kami sedang libur kuliah, Kami memutuskan untuk pergi mengunjungi Perpustakaan Negeri Rusia (Russian State Library), perpustakaan terbesar di rusia dan nomor lima terbesar di dunia dengan koleksi sejumlah 44,4 juta buah. 
Di gerbang bangunan yang megah, masih terpampang nama V. I. Lenin State Library of the USSR. Ya nama ini dipakai sejak 1925 sampai 1992 sebelum diubah menjadi the Russian State Library, untuk sejarah dan detail perpustakaan bisa di lihat di Web Resmi Perpustakaan dan Wikipedia tentang Perpustakaan Negeri Rusia
Membaca buku bagus di perpustakaan yang bagus ini bisa menjadi salah satu kenikmatan terbesar dalam hidup. Baik untuk membaca fiksi, non fiksi, atau buku ilmiah yang berat dan tebal, tulisan ini akan bercerita tentang kunjungan ke perpustakaan terbesar di Rusia dengan 2 tema utama yaitu : panduan mendapatkan kartu akses perpustakaan dan panduan membaca koleksi-koleksinya.

A. Mendapatkan kartu akses perpustakaan

1. Mendatangai kantor registratsi
Kami sudah tidak sabar untuk membaca dan masuk ke perpustakaan. Namun petugas informasi segera memberi penjelasan bahwa kami harus memiliki kartu akses terlebih dahulu untuk masuk.
Jangan ulangi kesalahan kami, bila baru pertama kali sebaiknya pergi ke Kantor registrasi yang berada di Pintu dua (Moscow, Vozdvizhenka, 3/5, entrance 2. Tel. +7 (495) 695-57-90).
Di dalam ruangan ini ditata sedemikian rupa seperti di Bank. Petugas keamanan akan menanyakan keperluan dan mengarahkan tata cara selanjutnya.
2. Siapkan ID, kartu pelajar, Isi Formulir dan Ambil nomor antrian
Semua proses pendaftaran ini bebas biaya. Untuk orang rusia maupun orang asing, tidak ada perbedaan dalam syarat dan ketentuan mendapatkan kartu akses perpustakaan. Saat itu kami hanya perlu membawa kartu ID (Paspor dan Visa) serta kartu pelajar Higher School of Economics.
Isi formulir seperti contoh yang tersedia lalu ambil nomor antrian.

3. Pengambilan Foto dan Kartu
Ruangan ini ditata seperti bank. Kami hanya perlu melihat nomor antrian yang tersedia di layar utama, lalu menuju bilik kecil untuk input data dan pengambilan foto. Tidak sampai 3 menit, semua proses telah selesai. 

Alhamdulillah, kartu Kami sudah tercetak, petugas akan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memberikannya. Setelah kartu akses perpustakaan berfungsi dengan baik, ucapkan Spasiba kepada petugas yang baik hati.

B. Membaca Buku di Perpustakaan 
1. Buat Agenda selama di Perpustakaan 
Rencanakan agenda, Kita harus memanfaatkannya dengan bijak. Bila kita mengatur waktu, kita tidak akan akan merasa dikejar atau terburu-buru dan bisa menghindari kebingunngan.
Selama di perpustakaan kartu akses akan sering digunakan. Dipintu masuk kita akan diberikan kertas merah berisi nama identitas dan kertas agenda membaca. 
Benar, di perpustakaan ini ada kertas agenda membaca, berisi daftar buku dan waktu membaca yang akan ditulis dalam kertas merah tersebut. Jangan sampai kehilangan kertas ini, karena harus dikembalikan di pintu keluar.
Kartu akses, Nota Catatan Koleksi dan Kertas agenda membaca


Oia, Kalau agenda kita adalah menjelajah, inilah rahasia dari kami:
Terdapat 3 Lantai di perpustakaan ini
Lantai satu terdiri dari katalog online dan ruang untuk terbitan berkala dan buku baru
Lantai Dua terdiri dari ruang receptionis untuk pengambilan dan pengembalian buku, ruang baca satu, central catalogue system dan ruang buku militer 
Lantai Tiga terdiri dari ruang receptionis untuk pengambilan dan pengembalian buku, ruang baca dua, ruang foto kopi, ruang publikasi nonbuku, museum koleksi tua dan conference hall.
Cek detail mengenai ruangan perpustakaan di http://www.rsl.ru/en/s1/s12/s124177/ 

Kalau agenda kita membaca buku-buku, inilah rahasia dari kami
Ini adalah perpustakaan terbesar di Rusia dan nomor lima terbesar di dunia dengan koleksi sejumlah 44,4 juta buah. 
Ada beberapa ruang seperti perpustakaan pada umumnya, namun buku-buku yang tersedia harus diambil oleh petugas. Kita akan diminta nota catatan katalog.
Buku-buku koleksi sebagian besar diletakan didalam katalog sentral. kita hanya perlu mencetak nota catatan katalog dan menuju ruang receptionis pengambilan dan pengembalian buku.

2. Pilih beberapa Buku. 
Bila Kita membaca untuk kesenangan sendiri, mungkin Kita ingin memilih buku fiksi atau nonfiksi yang merupakan ketertarikan umum. Bila Kita membaca untuk mengerjakan tugas, mungkin Kita ingin memilih buku, jurnal dan terbitan berkala. Ada jutaan buku-buku seperti itu disini. 
catalogue online, benar-benar seperti ATM
Gunakanlah layanan catalogue online yang tersedia, mesin ini seperti ATM yang hanya bekerja dengan kartu akses. Kita hanya perlu mengetik nama buku, memilih jangka waktu membaca buku dan submit detail data tersebut, lalu nota catatan katalog serupa nota catatan ATM sudah Kita miliki. 
Cek detail mengenai catalogue online di http://search.rsl.ru/ 
Di nota catatan katalog itulah Kita mendapatkan info detail tentang waktu dan lokasi pengambilan dan pengembalian buku. 

3. Dapatkan buku yang ingin Kita baca. 
Ada beberapa cara berbeda untuk mendapatkannya: 
Tunjukan nota catatan katalog buku dan kertas agenda membaca
Mendapatkan buku di dalam rak buku
Mendapatkan buku di receptionis lantai dua atau lantai tiga


Setelah Kita mendapatkan buku yang Kita inginkan. Cari tempat yang nyaman untuk duduk, ada berbagai lokasi yang bisa Kita pilih. Pastikan ada banyak cahaya dan buka sampul depannya. Mulai dari permulaan, yang biasanya merupakan bab pertama kecuali bila ada bagian pendahuluan, dan baca setiap halaman berurutan sampai buku tamat. 

Terakhir,,
Kembalikan buku yang telah and baca ke receptionis pengembalian buku. so kesimpulannya adalah :

"Yang paling unik adalah di Perpustakaan ini mirip-mirip Bank dalam proses pelayanan. Ga ada ribet jingke dan jongkok mencari buku. kita hanya menunjukan kertas nota catatan katalog dari mesin katalog dan petugas akan mengambilkan buku kita."

Oia sayangnya Kita langsung beranjak pulang ke Asrama Tercinta, Dormitory No.1 HSE Moscow. Kami lupa bertanya bagaimana cara meminjam koleksi perpustakaan, mungkin kamu tahu ?? Silahkan tambahan infonya.

   

Azmi Muharom
Mahasiswa Asian Studies
National Research University,Higher School of Economics, Moscow
@azmihalo

0 komentar:

Posting Komentar