Cari Blog Ini

Selamat datang di Rusia Pak Joko Widodo dan Mas Rio Haryanto, kami bangga kepadamu !

Pada bulan Mei 2016, kami yakin nama Indonesia akan kembali dibanggakan media-media di Rusia. Alasannya adalah pada bulan depan, akan diadakan KTT Rusia-ASEAN yang Presiden Joko Widodo dan para Menteri akan hadiri, serta akan diadakan GP Rusia di Sochi dengan kehadiran Mas Rio Haryanto dinegeri beruang merah ini.

Sebagai mahasiswa Indonesia kami baru bisa membanggakan Indonesia di kampus HSE Moscow. dua acara yang pernah kami adakan adalah Cultural Café HSE yang diadakan International Student Office pada Jumat, 04 Desember 2015 dan Indonesian Day yang diadakan oleh mahasiswa Indonesia HSE dan KBRI pada Kamis, 10 Desember 2015.

Students from Ghana, Indonesia, China, Nigeria and Uganda turut mengambil bagian dalam acara ini.
Ratya Permatasari teman saya di Studi Kawasan Asia mengajak para mahasiswa untuk lebih mengenal Indonesia sebagai titik temu budaya-budaya asia. Saya mengajak para mahasiswa untuk lebih mengenal batik, sarung dan songkok. Serta Mas Muhammad Isa yang berasal dari Analisa Politik dan Kebijakan Publik mengenalkan Indonesia lewat makanan dan objek wisatanya. 
Benar saja apa yang ada dalam pikiran kami, “When hearing about Indonesian cultures, people know about Bali, as it's very popular for foreigners, whereas it is but a small part of Indonesia” Kata salah seorang mahasiswa.

Begitu tiba di penghujung acara, kami mengajak para mahasiswa untuk bersama menyanyikan lagu Ayo Mama dari Ambon. Para Mahasiswa begitu merasakan kehangatan Indonesia dan mengerti bahwa Indonesia itu tidak hanya Pulau Bali.

Satu minggu setelah acara Cultural Café, di HSE tepatnya di School of Asian Studies kami mengikuti acara Indonesiaan day, berupa seminar yang didedikasikan untuk  Perayaan HUT 70 tahun Indonesia Merdeka dan Perayaan HUT 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia.
Seminar ini diadakan sederhana namun suasananya tidak kalah dengan Paviliun Indonesia di pameran pariwisata Internasional, kami melakukan dekorasi ruangan, pakaian serta makanan dengan cita rasa Indonesia yang akan mengajak pengunjung seperti berada di Bali.

Salah satu pernyataan yang begitu mengesankan adalah ketika Duta Besar Mr. Djauhari Oratmangun menjelaskan kemungkinan Indonesia mengikuti BRICS, Duta Besar menjawab dengan tegas :

“Let's just let the BRICS maintain his relationships and Indonesia have MIKTA (Mexico, Indonesia, Korea, Turkey and Australia). There will always be a major force and developing countries. Indonesia will always have an active role in the Regional and Global.”

Begitulah sebagian kecil cerita menjadi mahasiswa Internasional. Alhamdulillah saya menjadi Warga Negara Indonesia, Alhamdulillah diberikan kesempatan berkuliah di HSE Moscow. 
Teringat salah satu syair yang indah dari Imam Syafi’i, silahkan interpretasikan sendiri bagaimana maknaya :

“Biji emas bagai tanah biasa sebelum digali dari tambang.
Setelah diolah dan ditambang manusia ramai memperebutkan”
Kami bangga kepadamu Pak Joko Widodo dan Mas Rio Haryanto, semoga kami bisa mengikuti langkah-langkahmu,
Dari Rusia dengan Cinta !!

Azmi Muharom
Students of Asian Studies
National Research University Higher School of Economics, Moscow

@azmihalo

0 komentar:

Posting Komentar