Cari Blog Ini

Petualangan Seru di Moscow, 1 May 2016


Bendera Uni Soviet


Perayaan Hari Pekerja Internasional
Perayaan Paskah

Hari ini 1 Mai 2016, Pemerintah Rusia telah mengalokasikan lebih dari 1 juta USD untuk menjamin cuaca yang baik di hari ini. Investasi dalam teknologi penyemaian cuaca (cloud seeding) akan memastikan langit biru di Moskow sepanjang hari ini. 
Hari Pekerja Internasional dan perayaan Paskah Ortodoks yang jatuh pada hari Ahad ini menjadi alasannya.
Berita dari Rusia Beyond The Headlines menjelaskan bahwa hal yang unik ini merupakan agenda tahunan sejak era Uni Soviet. Tidak ingin kehilangan momen berharga ini Saya, Ardiyanti dan Kak Della jalan-jalan di Plosad Revolusi dan Red Square untuk May Day, Spring Festival dan Perayaan Paskah. 

Berikut cerita hari ini :
1. Mendapatkan Metro Tua
Untuk menuju Ohathi Ryad kami menggunakan Metro Moscow. Kereta Metro Moscow beragam bentuknya, ada metro modern, metro rusia dan metro uni soviet. Semuanya punya nilai plus-minus masing-masing, namun uniknya Hari ini kami mendapatkan Metro Uni Soviet yang klasik. Awal yang baik untuk May Day Istimewa ini.
Kereta Metro TuaTua Keladi




2. Menuju Ploshad Revolusi dan Red Square
Karena kami berangkat pada pukul 14.00 maka perayaan hari pekerja internasional telah selesai. Berdasarkan informasi, May Day di Moskow menjadi hari bahagia bagi pekerja, kita dapat melihat parade dengan berbagai tuntutan termasuk kelompok oposisi. 
Demo 1 May Nek ??


Di Depan Panggung, Panggungnya tidak nampak, maaf


Pada saat itu yang kami lihat beberapa orang membawa bendera merah dengan lambang paru arit, lambing Lenin dan lambing-lambang pekerja. Terdapat juga panggung dengan tema May Day didepan gerbang utama Mall GUM dan kursi-kursi yang berwarna Putih Biru Merah seperti bendera Rusia untuk perayaan May Day sekaligus 9 May (Victory Day). Bayangkan hanya dalam 1 Minggu panggung dan kursi ini akan berganti tema dari May Day menjadi Victory Day. Sungguh Niat.
Oke saatnya mengucapkan Selamat Hari Pekerja Internasional Bung !!
Di gereja-gereja yang berada di Red Square juga nampak keramaian orang keluar masuk untuk beribadah. Dari luar bangunan kami bisa mendengar alunan doa yang dipanjatkan jemaat. BTW Selamat Paskah Ortodhox Rusia !!  

3. Menuju Bolshoi Teater
Hanya berjalan sekitar 10 Menit dengan membawa Es Krim Fenomenal dari Mall GUM kami sudah tiba di peyaan Paskah sekaligus Spring Festival.  Ada banyak tempat yang bisa dijelajahi namun yang menarik adalah, setiap area festival punya tema yang berbeda, misalnya :

a. Great scientists Festival di Plosad Revolusi (Karl Marx monument)
Taman ini didedikasikan untuk Sofia Kovalevskaya – tokoh matematika dan mekanik Rusia. Sofia Kovalevskaya menjadi Profesor wanita pertama di arena Matematika. Yang paling menarik ditempat ini adalah sebuah bangunan labirin rubik dengan informasi mengenai para cendekiawan Rusia, di sekitar bangunan ini kita bisa bermain layaknya museum Ilmu Pengetahuan.





b. Warriors Outpost di Plosad Revolusi
Sosok dibalik taman ini adalah Pahlawan Rakyat, Ilya Muromets. Ilya Muromets  atau Ilya dari Murom, adalah pahlawan rakyat dari era Rusia Kiev, dia adalah seorang bogatyr (ksatria berkuda ala Rusia) dan muncul sebagai karakter dalam banyak bylinas (puisi epic Slavia Timur abad pertengahan).
Dalam legenda ia sering tampil bersama rekan bogatyrs lainnya, Dobrynya Nikitich dan Alyosha Popovich, ketiga karakter ini muncul dalam patung lima meter di taman ini.
Lihat gaya saya di belakang sana ! Keren !!






c. Festival Paskah 
Terletak di depan Bolshoi teater ada gerbang pasir yang membuat suasana seperti di Yerusalem. Ditambah lagi ada wanita dengan Kuda Poni dengan baju era Nabi Isa AS. Di sepanjang taman terdapat lukisan dan sejarah Paskah, sayang sekali saya tidak membaca banyak tentang hal ini. Yap ditaman ini yang menjadi temanya adalah Nabi Isa AS.







Berbeda dari Agama Katolik dan Kristen Protestan, dalam Kristen Orthodox mereka merayakan Paskah lebih khidmat dari pada perayaan Natal. Oia pada saat di kelas hari kamis lalu, seorang dosen sempat mengucapkan Selamat Kamis Putih dan selamat Paskah sebelum kegiatan belajar mengajar. Sedang diawal tahun, hari natal bukan hal .
Di hari Paskah Rusia, jangan lupa membeli kue paskah dan telur. Alhamdulillah dengan 120 rub kami sudah bisa membawa pulang kue paskah yang rasanya manis sedikit asam, lebih nikmat rasanya karena di beli dari perayaan Paskah.    


Cek foto-foto lengkapnya di 
Besok kami akan menuju stadion Luzhniki. Nantikan kisahnya,,
Terimakasih,,

Azmi Muharom
Students of Asian Studies
National Research University Higher School of Economics, Moscow

@azmihalo

0 komentar:

Posting Komentar