Cari Blog Ini

Charlie Wilson's War , Amerika Serikat, 2007

Charlie Wilson's War , Amerika Serikat, 2007

Tanggal Release : 21 Desember 2007 (AS)

Durasi : 1:37

Pemain : Tom Hanks, Philip Seymour Hoffman, Julia Roberts, Amy Adams, Ned Beatty, Om Puri

Direktur : Mike Nichols

Distributor : Universal Pictures

A. Sinopsis Film

Saya pernah menikmati beberapa film yang didasarkan pada kisah nyata, meskipun beberapa sudah jauh lebih baik dari Charlie Wilson's War, namun saya baru melihat film yang dibintangi Tom Hanks ini menjadi sangat istimewa karena merupakan film berlatar belakang politik yang berbobot namun tetap disajikan secara ringan.

Latar belakang politik yang berbobot itu dapat kita temukan karena film berdurasi satu jam tiga puluh tujuh menit ini memberi jawaban atas akhir perang dingin. Pada awalnya penulis berpikir, Ronald Reagan yang meruntuhkan Uni Soviet atau mungkin Mikhail Gorbachev, dalam film ini jawaban lain diberikan dengan jelas, Charlie Wilson seorang anggota dewan dari Texas yang gemar hidup hura-hura, playboy dan gemar berpesta pora di daulat sebagai pahlawan.

Suatu saat ketika Charlie sedang berpesta bersama teman-temannya, Charlie melihat berita di TV yang menyiarkan perjuangan rakyat Afghanistan melawan pendudukan Uni Soviet. Disamping gaya flamboyan ternyata Charlie menyimpan potensi yang hebat dalam dirinya, kemampuan mengarahkan anggota kongres ke arah yang ia inginkan dan rasa patriotisme untuk memenangkan perang afganistan sebagai bagian perang dingin melawan Uni Sovyet.

Charlie melihatnya dengan berusaha membantu Afganistan yang saat itu tengah dibombardir oleh pasukan Uni Sovyet.Dengan bantuan Joanne Herring, pengusaha Texas teman lama dan kekasihnya dan Gust Avrakotos, anggota CIA, Charlie melakukan pekerjaan mengagumkan dengan memenangkan perang tanpa terlibat langsung di dalamnya.

Dalam film ini terlihat betapa keingingan membendung (deterrence) komunis uni soviet, intervensi kemanusiaan (humanitarian intervention) untuk melindungi penderitaan rakyat Afghanistan menjadi alasan dakwah diam-diam Charlie untuk mendanai operasi rahasia yang kemudian dikenal Operasi Siklon (Cyclone Operation). AS pada akhirnya memasok Mujahidin Afganistan dengan senjata, setelah AS memutar lengan Pakistan, Mesir dan Israel untuk bekerja sama membantu kekalahan Soviet.

Charlie, seorang anak yang memiliki pesona pribadi besar, ia mampu meraih posisi strategis meyakinkan Alokasi Subkomite Pertahanan dengan diplomasi pribadi pada jenderal Pakistan yang membenci Rusia di Istana Presiden Pakistan Zia Ul Haq dan dengan pemerintah Israel di Jerusalem serta diplomasi tari perut dengan pemerintah Mesir di Kairo. Berkat usahanya Charlie mengumpulkan dana operasi rahasia dengan anggaran USD 1.000.000.000 tanpa memberitahu Kongres atau publik tentang apa yang ia perjuangkan ketika itu.

B. Analisa Studi HI dalam Film Charlie Wilson's War

Analisa studi HI dalam film ini menggunakan teori liberal institusionalisme. Prinsip liberal institusionalisme mengakui keberadaan aktor non-negara dalam sistem. Neo-liberal institutionalisme mengakui sistem cenderung anarki daripada kerjasama, sesuai dengan pandangan realis, meski begitu namun kerjasama antar aktor tetap terjalin (Keohane, 1989). Mengapa demikian ? Sebab aktor baik negara atau bukan negara bersifat rasional yakni selalu terdapat kecenderungan menghindari perang dan seminimal mungkin melakukan kerjasama menggunakan asas absolute gain atau mutual gain¸ bukannya relative gain karena ada indikasi “who can get more”.

Di tilik lebih lanjut, individu yang tergabung dalam pemerintah baik presiden maupun senat akan lebih memiliki peranan dan pengaruh dalam kebijakan luar negeri. Kebijakan luar negeri disusun oleh negara dengan dasar kepentingan nasional. Secara garis besar terdapat lima elemen analisis penting yang sangat mempengaruhi penyusunan kebijakan luar negeri. James N Rosenau menjabarkan lima elemen analisis ini adalah individu, kelompok, birokrasi, sistem nasional, dan sistem global.

Kapasitas individu yang dalam Film ini anggota senat mampu mempengaruhi arah kebijakan luar negeri AS. Perilaku (behaviour) individu Charlie sangat dipengaruhi ideosinkretis dan pertimbangan rasional. Ideosinkretis adalah segala hal yang berkaitan dengan ideologi, kepercayaan, dan budaya. Ideosikretis dan pertimbangan rasional dapat mempengaruhi psikologis para pengambil kebijakan. Dominasi individu dalam film ini menjadi berpengaruh karena mampu diperjuangkan dari kebijakan individu menjadi Kebijakan Luar Negeri AS demi membendung (deterrence) komunis uni soviet dan intervensi kemanusiaan (humanitarian intervention) untuk melindungi penderitaan rakyat Afghanistan pada era perang dingin.

0 komentar:

Posting Komentar